Musrenbang Kelurahan Pondok Benda, Monitoring Dan Evaluasi Sangat Penting Dalam Pembangunan

Musrenbang Kelurahan Pondok Benda, Monitoring Dan Evaluasi Sangat Penting Dalam Pembangunan
iklan dinsos
Teropongpost, TANGSEL, -Kecamatan Pamulang Kota Tangerang Selatan dalam meningkatan Efektivitas pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan, mengadakan kegiatan Musrenbang tingkat Kelurahan. Musrenbang yang hari ini digelar Kelurahan Pondok Benda Pagu Anggaran sebesar 2 miliar 800 juta.

Musrenbang Kelurahan adalah Forum Musyawarah Tahunan pemangku kepentingan ( Stakeholder ) Pemerintah, masyarakat dan swasta untuk menyepakati rencana kerja kelurahan tahun anggaran berikutnya.

Kegiatan acara Musrenbang yang berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Pondok Benda dihadiri oleh Camat Pamulang H.Mukroni SE,MM, Lurah Pondok Benda Udin Sa’ad S,Ap, Sekertaris Kelurahan Pondok Benda Idris, Bapelitbangda, dan 4 Anggota DPRD Tangsel, RT/RW se-Kelurahan Pondok Benda, OPD Tangsel, Karang Taruna. Kamis (18/01/24).

Read More

Dalam hal ini Camat Pamulang H.Mukroni SE,MM menyampaikan,” Musrenbang adalah kegiatan yang dilakukan pada setiap tahunnya. Namun usulan Musrenbang perlu kita tingkatkan lagi, kwalitas masyarakat juga harus ditingkatkan. Karena dengan meningkatkan kwalitas masyarakat pembangunan bisa berjalan dengan baik. Dan, tidak hanya pembangunan fisik bidang ekonomi saja, bidang kesehatan, Pendidikan juga.” Ucapnya.

Selain itu, dari pagu anggaran Kelurahan yang didapat mengacu kepada pembangunan fisik 60%, non fisik 40%. Oleh karenanya, pembangunan yang sudah berjalan dari tahun ke tahun harus kita monitoring dan evaluasi lagi, apakah sudah efektif. Sehingga pembangunan yang akan datang lebih efektif dan inovatif.

Camat menjelaskan, untuk saat ini pihak Kecamatan belum bisa menilai usulan perencanaan pembangunan apa yang lebih prioritas, karena Musrenbang tingkat Kelurahan masih dilakukan. Nanti, setelah Musrenbang selesai baru kita akan merangkum semua usulan yang masuk dari delapan Kelurahan, kemudian dievaluasi mana usulan yang menjadi prioritas.

Ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan yang sudah kontribusi terhadap pembangunan wilayah, yang biasanya ditangani oleh Pemerintah Kota, sekarang sudah dibagi porsinya kepada masing-masing Kelurahan dan Kecamatan.

Sehingga, selain pembangunan fisik, non fisik juga harus kita laksanakan, kecamatan akan terus mendorong bagaimana bisa menciptakan generasi yang sehat dengan menekan angka stunting dan menekan angka kemiskinan ekstrim. Serta, menciptakan wilayah Kelurahan yang sehat melalui Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ) dengan membangun WC / Toilet Komunal.

Selanjutnya, Lurah Pondok Benda dalam sambutannya mengungkapkan, Hari ini Kelurahan hadir dalam rangka mensukseskan Musrenbang 2024 untuk pelaksanaan tahun 2025. Mengarah pada acuan Pra Musrenbang disinilah kita masukkan semua usulan di F1. Alhamdulillah Kelurahan Pondok Benda mendapat Pagu Anggaran 2 miliar 800 juta.

Usulan yang masuk F1 itu hanya 20 kegiatan di bagi tiga untuk pembangunan Infrastruktur, Kesehatan, Pendidikan dan ditambah lagi Sumberdaya Manusia (SDM). Usulan yang tidak masuk F1, masih ada F2, F3 pelu nantinya akan diusahakan dikawal kepada Camat dan anggota DPRD Tangsel Dapil Pamulang.

Sebagai penutup Lurah mengucapkan terima kasih kepada Kecamatan Pamulang dan para staf Kelurahan dalam penyelenggaraan Musrenbang Kelurahan Pondok Benda.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari teropongpost.id di Google News.

iklan DLH

Related posts