Dalam Rangka HPSN, DLHK Kab. Tangerang Gelar Kerja Bakti Massal

banner 468x60

Teropongpost, Kab. Tangerang, –Dalam rangka acara memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang melaksanakan kegiatan kerja bakti massal.

Kegiatan kerja bakti massal tersebut dilakukan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Tangerang yang mencapai sebanyak 185.000 hingga 200.000 peserta.

Read More
banner 300x250

Acara kegiatan tersebut telah mendapat rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI), yang berlangsung di Sumarecon Mall, Serpong, pada Selasa (21/2/2023).

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Achmad Taufik menuturkan peluncuran Bank Sampah Induk merupakan langkah nyata Pemkab Tangerang sesuai amanat PermenLHK Nomor: 14 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah pada Bank Sampah.

“Dalam peraturan tersebut berisi tentang pembentukan Bank Sampah Induk di seluruh wilayah Kabupaten/Kota di Indonesia. Bank Sampah Induk ini juga merupakan salah satu bentuk upaya dalam penanganan sampah di Kabupaten Tangerang,” tutur Taufik saat dihubungi melalui telepon seluler, Rabu (22/2/2023).

Taufik menambahkan perbedaan bank sampah induk dengan bank sampah yang ada di masyarakat yakni bank sampah induk ini lingkupnya adalah wilayah Kabupaten. Sedangkan bank sampah yang ada di masyarakat disebut dengan bank sampah unit.

“Untuk operasionalnya, Bank Sampah Induk ini dikelola dan digerakan oleh Dinas Koperasi, bukan dari karyawan DLHK,” tuturnya.

Lanjutnya, Taufik juga mengimbau kepada masyarakat dan retail modern untuk mengurangi penggunaan kantong plastik.

“Pada HPSN tahun ini kami juga mengimbau kepada masyarakat dan retail modern untuk mengurangi penggunaan kantong plastik, sesuai dengan Perbup nomor 139 tahun 2022. Selain itu, tugas kami untuk membersihkan wilayah dari sampah, kami pun mengajak untuk peran aktif masyarakat kerja bakti membersihkan sampah di wilayahnya masing-masing, insya Allah sampah bisa kita atasi secara bertahap,” jelasnya.

Sebagai informasi, kerja bakti massal ini melibatkan mulai dari siswa-siswi SD, SMP, SMA, SMK, Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, Aliyah, Ponpes, Perusahaan, Pegawai RSUD, Kecamatan, Puskesmas, Desa, Kelurahan, serta seluruh elemen masyarakat Kabupaten Tangerang.

Selain itu, penyerahan penghargaan dari Bupati Kabupaten Tangerang Ahmed Zaki Iskandar Kepada Kepala Desa daerah yang ada di Kampung Proklim, Sekolah Adiwiyata dan penggerak lingkungan.

banner 300x250

Related posts

banner 468x60

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.