Tanah Longsor, Dandim Kuningan Tinjau Lokasi

Teropongpost, Subang -Tanah longsor yang terjadi di Desa Situgede, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan, Selasa (28/3/2023), Dandim Kuningan 0615 Letkol Inf Bambang Kurniawan meninjau lokasi pasca bencana alam tanah longsor

Dengan didampingi Danramil 1504/Subang Letda Waris H beserta anggota, Kapolsek Subang IPTU Dede, Bati Ter Dim 0615/KNG Peltu Didin R, Kades Situgede Nurdin dan perangkat Desa Situgede, Dandim Kuningan 0615 Letkol Inf Bambang Kurniawan meninjau ke beberapa titik tanah longsor dan pergerakan tanah di Dusun Ragawangsa Desa Situgede.

Tanah longsor, yang terjadi adalah di wilayah Koramil 1504 Subang adalah wilayah rawan bencana. Terutama di 3 Kecamatan, yakni Selajambe, Subang dan Cilebak. Sehingga perlunya warga setempat yang bermukim di wilayah tersebut mengantisipasi atas cuaca yang tidak menentu saat ini.

Read More

Tanah longsor dapat menjadi masalah serius yang dapat menyebabkan kerusakan fisik dan kehilangan nyawa. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi tanah longsor:

Bangun terasering untuk meredam aliran air dan mencegah erosi. Hal yang lainnya tanam vegetasi seperti pohon, semak, atau rumput untuk mengikat tanah dan menahan erosi. Dibeberapa tempat diperlukan pemasangan sistem drainase untuk mengurangi air tanah yang terperangkap dan mengurangi beban pada tebing.

Hal yang perlu di perhatikan adalah penggunaan bahan tambahan seperti geotextile dan batu untuk membuat dinding penahan dan mengurangi tekanan pada tanah. Selanjutnya jangan membangun di lereng yang curam atau tidak stabil untuk mencegah tanah longsor yang lebih besar. Sehingga penting untuk berkonsultasi dengan ahli teknik sipil atau geologi jika terjadi tanah longsor yang parah.

Kepala Desa Situgede, Nurdin mengatakan, bahwa di Dusun Ragawangsa ini sering terjadi tanah longsor. Apalagi dengan cuaca yang ekstrim seperti sekarang ini. Oleh karenanya banyak rumah warga yang terancam untuk terjadinya bencana alam yang tidak dapat diduga seperti tanah longsor.

“Dusun Ragawangsa ini terdiri dari 290 jiwa dan 90 KK. Banyak warga yang mengeluh karena sering terjadi longsor. Dusun Ragawangsa harus di relokasi karena membahayakan bagi masyarakat,” ungkap Nurdin.

Nurdin sudah berupaya untuk menyelamatkan warganya dari bencana tanah longsor dengan mengajukan permohonanan bantuan relokasi kepada Pemkab Kuningan. Namun sampai berita ini di turunkan belum terealisasi bantuan tersebut.

Dandim 0615 Kuningan Letkol Inf Bambang Kurniawan menanggapi keluhan Kepala Desa Situgede berikut warganya. Ia akan berupaya untuk segera berkoordinasi dengan Bupati Kuningan.

“Kami akan segera melakukan koordinasi dengan Pak Bupati terkait masalah ini. Semoga secepatnya ada solusi, sehingga warga Desa Situgede bisa hidup aman dari ancaman longsor,” ungkap Dandim Kuningan.

Related posts