Perkuat Ketahanan Pangan, Dandim 0615 Kuningan Panen Tomat Dengan HKTI

Perkuat Ketahanan Pangan, Dandim 0615 Kuningan Panen Tomat Dengan HKTI
iklan dinsos
TEROPONGPOST – KUNINGAN,  Dandim 0615/ KNG Letkol Inf Bambang Kurniawan bersama Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Kuningan Hanyen Tenggono, melakukan panen raya tomat di lahan Eko Wisata Embun Sangga Langit, Desa Babakanmulya, Kecamatan Cigugur, Rabu (24/1/2024).

Dari pantauan di lokasi, Dandim Kuningan di dampingi Ketua HKTI dan rombongan Babinsa serta Ibu – Ibu Persit Kuningan, terlihat senang saat memetik tomat.

“Pelaksanaan panen tomat ini sebagai tindakan lebih lanjut, atas kerjasama yang dilakukan HKTI dengan Kodim Kuningan,” ujar Dandim Letkol Inf Bambang Kurniawan kepada awak media usai melakukan panen raya.

Read More

Dandim mengatakan, bahwa tindakan ini sebagai aplikasi dan pendampingan prajurit di teritorial Kaki Gunung Ciremai. “Ya, kegiatan ini sebagai aplikasi dari ToT (Transfer of Teknologi) pertanian, yang melibatkan para Babinsa di Kuningan,” imbuhnya.

Menurutnya, penerapan TOT ini dilakukan sesuai dengan tahap kebiasaan bertani. “Sejumlah Babinsa dalam pelaksanaan TOT itu mengikuti dan mendampingi secara seksama. Mereka melakukan mulai tahap penggarapan lahan, penanaman bibit, pemeliharaan dan pelaksanaan panen seperti saat sekarang,” terangnya.

Terlepas dengan kegiatan panen Tomat, Dandim menyebut bahwa di kawasan Eko Wisata Embun Sangga Langit memiliki lahan produktif dalam pengembangan usaha tani.

“Selain Tomat, saya perhatikan belum lama. Kawasan lahan pertanian ini sudah panen jenis tanaman lain. Seperti kemarin itu kentang bibit impor ya Pak Hanyen?” kata Dandim

Ditempat yang sama, Ketua HKTI Kabupaten Kuningan Hanyen Tenggono menambahkan, bahwa HKTI memang fokus dalam pengembangan usaha pertanian.

“Untuk lahan tomat sendiri kita ada lahan 700 m², hasilnya juga sudah 7 kali panen dan sudah hampir 7 ton panen yang dihasilkan dari lahan 700 m² ini,” kata Hanyen.

Pengembangan usaha tani ini, lanjut Hanyen, selain sebagai ketahanan pangan, juga sebagai edukasi bagi generasi muda dan lingkungan sekitar.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari teropongpost.id di Google News.

iklan DLH

Related posts