2,5 Juta Sertifikat Tanah Program PTSL 2023 Dibagikan Langsung Oleh Jokowi

2,5 Juta Sertifikat Tanah Program PTSL 2023 Dibagikan Langsung Oleh Jokowi
iklan dinsos
Teropongpost, Tangsel, -Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Tangerang Selatan menjadi salah satu perwakilan yang melakukan Penyerahan Sertifikat Tanah Tahun 2023 secara langsung dari 33 Provinsi se – Indonesia oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo didampingi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto yang dilaksanakan di Istana Negara Republik Indonesia, Senin (04/12) kemarin.

Pada Kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo mengucapkan terima kasih dan selamat kepada Kementerian ATR/BPN serta seluruh jajaran yang telah bekerja keras mengawal program PTSL, dan mengucapkan selamat juga kepada 2,5 juta penerima sertifikat tanah di seluruh Indonesia.

“Semoga sertifikatnya dapat digunakan dan dijaga sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Read More

Sementara itu, Hadi mengatakan bahwa dalam rangka percepatan sertifikasi bidang tanah di Indonesia Presiden Joko Widodo bersama Kementerian ATR/BPN tidak hanya menyerahkan sertifikat, namun juga meluncurkan Sertifikat Tanah Elektronik dengan menggunakan sistem keamanan block data yang siap diintegrasikan dengan sistem blockchain.

“Kedepannya, melalui implementasi sistem blockchain, diharapkan keamanan, autentisitas, dan validitas data sertifikat akan ditingkatkan, sehingga mengurangi risiko sertifikat palsu dan duplikasi data,” jelas Hadi.

Hadi Tjahjanto juga mengungkapkan, Sertifikat Tanah Elektronik diterbitkan menggunakan secure document dan disahkan melalui tanda tangan elektronik (TTE), sehingga kerahasiaan dan keamanan data pertanahan dapat terjamin serta memberikan kemudahan bagi pemilik sertifikat untuk mendapatkan informasi terkait data sertifikat di mana pun dan kapan saja secara real-time melalui aplikasi Sentuh Tanahku.

“Dalam aplikasi Sentuh Tanahku, terdapat fitur notifikasi jika terjadi perubahan data dalam Sertifikat Tanah Elektronik,” ungkapnya.

Sertifikat Tanah PTSL 2023

Disisi lain, Kepala Kantor Pertanahan Kota Tangerang Selatan Shinta Purwitasari dalam keterangannya mengatakan, bahwa penyerahan sertifikat tanah dibagi menjadi 2 bagian yaitu secara virtual dan tatap muka dengan menghadirkan 150 masyarakat penerima sertifikat dari sejumlah Kabupaten/Kota di wilayah Jabodetabek.

“Kantah Tangsel berkesempatan menghadirkan 23 masyarakat dari perwakilan Kelurahan Lengkong Gudang Timur, Kelurahan Serpong, Kelurahan Pondok Cabe Ilir, Kelurahan Pakualam, Kelurahan Sawah Baru, Kelurahan Pondok Karya, Kelurahan Pondok Pucung dan Kelurahan Sarua Kota Tangerang Selatan untuk dibagikan sertifikat tanah elektronik,” jelasnya Selasa, (5/12).

Sebagai informasi, diserahkan juga sertifikat tanah elektronik kepada tujuh perwakilan masyarakat dan tiga perwakilan instansi pemerintah. Hadir menerima sertifikat tersebut di antaranya Jaksa Agung ST Burhanuddin, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Turut hadir dalam kesempatan itu, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Staf Khusus, Tenaga Ahli, dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian ATR/BPN.

iklan DLH

Related posts