Kepalou Tiyuh Balam Asri Bersama Warga Gelar Doa Bersama di Malam 1 Suro/Muharram

Kepalou Tiyuh Balam Asri Bersama Warga Gelar Doa Bersama di Malam 1 Suro/Muharram
iklan dinsos
Teropongpost, Kab. Tubaba, -Pemerintah Tiyuh Balam Asri Kecamatan Way Kenanga Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung gelar doa bersama pada 1 Suro/Muharram 2023/1445 H di Balai Tiyuh setempat. Rabu, (19/7/2023).

Dalam doa bersama tersebut, Kepalo Tiyuh Balam Asri Indro Susanto menyampaikan Pemerintah tiyuh bersama masyarakat menggelar doa bersama di tanggal 1 Suro atau Muharram 2023 jatuh pada hari Rabu, 19 Juli 2023.

“Sehingga Tahun baru Islam 1445H, dikatakan Suro merupakan sebutan bagi bulan Muharram dalam masyarakat Jawa. Pada tradisi Jawa, bulan Suro dianggap sebagai saat yang tepat untuk muhasabah diri.” Ujarnya.

Read More

Kemudian, Malam 1 Muharram merupakan malam pergantian tahun Hijriah. Menyambut bulan Muharram (suci) satu ini, umat Islam biasanya mulai banyak mengerjakan berbagai amalan, salah satunya adalah doa.

“Dengan adanya perayaan malam 1 Suro atau Muharam, masyarakat kami dapat merayakan awal tahun baru dalam kalender sambil tetap menjaga kesatuan dan persatuan antara berbagai keyakinan agama. Melalui pengajian, ziarah, dan haul, mereka menjaga nilai-nilai spiritual dan mengenang para leluhurnya yang telah berjasa dalam membentuk identitas budaya Jawa.” Terangnya.

Selanjutnya, Kegiatan ini di malam 1 Suro atau Muharram rutin kami gelar setiap tahunnya bersama masyarakat untuk mendapatkan keselamatan dan keberkahan untuk NKRI, Khususnya di Masyarakat Balam Asri pada awal pergantian tahun hijriah atau kalender jawa 1 Suro ini kedepannya.

Turut hadir Kepalo Tiyuh, Juru Tulis beserta aparatur, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Pemuda.

iklan DLH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.