Gelaran Acara Relokasi Makam Keramat di Kampung Cikapas

Gelaran Acara Relokasi Makam Keramat di Kampung Cikapas
iklan dinsos
TEROPONGPOST – Lebak, Rabu (16/08), telah digelar acara tasyakuran relokasi makam keramat Cikapas, di Kampung Cikapas Rangkasbitung, Desa Sindangmulya, Kecamatan Maja, kabupaten Lebak Banten. Hadir dalam tasyakuran tersebut Wakil Bupati Lebak dan tokoh ulama, Asda 1 kadisnaker dan Camat Maja, Danramil Maja perwakilan dari BBWSC-3, Kades Sindangmulya Babinmas serta Babinsa.

Acara tasyakuran dan istighosah tersebut, dipimpin langsung oleh tokoh ulama KH Hasan Basri Desa Sindangmulya. Setelah memimpin istigosah, KH. Hasan Basri mengatakan, “Selain kewajiban para Ulama yang mengerti akan tatanan atau tata cara pemindahan makam Keramat, saya juga berkewajiban untuk mengurus prosesi relokasi makam Keramat dan makam yang lainnya.  Saya ditunjuk selaku tokoh yang dituakan oleh masyarakat dan saya juga berkewajiban dalam mengurus pemindahan makam keramat ini,” tandasnya.

lanjut, Kh Hasan basri, Makam Keramat yang terkena relokasi ini adalah sepuluh makam Keramat dan ratusan santri makam yang lainnya. la juga menjelaskan soal keramat di zaman dahulu soal keramat Cikapas merupakan sebuah pemerintahan yang di pimpin oleh seorang lurah sebutan kepala desa dahulu dan di sini juga pernah ada pondok pesantren yang besar maka makam disini mayoritas para santri.

Read More

Disamping itu, Mama Hasan mempunyai prospek, makam Keramat yang direlokasikan akan dijadikan tempat wisata Religi yang akan bekerjasama dengan pemerintah Desa setempat dan Pemerintah Daerah kabupaten Lebak.

“Untuk membangkitkan ekonomi masyarakat kami akan membentuk kepentingan untuk merusukan tempat wisata Religi mulai pemagaran tempat waduk mushola kecil kamar kecil atau WC yang berada di makam keramat untuk tempat para penziarah rencananya dan kegiatan ini nantinya akan dikelola oleh pemerintah Desa Sindangmulya dengan melibatkan warga tempat,” tuntasnya.

Terpisah, Wakil bupati Hj.Ade Sumardi mengatakan dalam sambutannya, Setelah diresmikannya waduk karian nanti yang akan dijadikan tempat pariwisata, maka sangat berkemungkinan tempat wisata religi di penziarahan Cikapas ini akan maju dan banyak pengunjungnya.

“Disambung kami pihak Pemda Lebak mendukung apa yang telah menjadi rencana mama Hasan Basri dengan adanya wisata religi ini saya berkeyakinan akan bisa membangkitkan ekonomi masyarakat setempat dengan cara menyambut lolos para pedagang jujur parkir pengolah kebersihan dan lain sebagainya harapan wakil Bupati Lebak,” tandasnya.

Ade Sumardi tak lepas dari misalnya selalu mengajak masyarakat Kabupaten Lebak agar lebih meningkatkan ilmu keagamaan di samping menuntut ilmu di sekolahan saya harapkan juga menuntut ilmu agama di pondok pesantren dan saya berharap para santri atau orang yang mengerti agama bisa menjadi pemimpin di pemerintahan agar sandi-sandi pemerintahan terisi oleh orang yang benar.

Selain dikatakan Wabup Lebak dan Mama Hasan, Nani Permana, Kades Sindangmulya menambahkan, selaku Kades, “Saya mendukung dan mensuport apa yang direncanakan oleh kedua tokoh tadi dan saya mengapresiasi atas gagasan dari mama Hasan dan dukungan dari wabup Lebak bahwasanya relokasi makam keramat Cikapas ini akan dijadikan satu tempat wisata religi dan semoga apa yang menjadi harapan kita dalam hal membangkitkan perekonomian masyarakat ini bisa terwujud tandas Nani Permana Srikandi Desa Sindangmulya,” pungkasnya.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari teropongpost.id di Google News.

iklan DLH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.