Diduga Mark Up Belanja Makan dan Minum di Dinas Pendidikan Mesuji Jadi Temuan BPK

Diduga Mark Up Belanja Makan dan Minum di Dinas Pendidikan Mesuji Jadi Temuan BPK
Teropongpost, Kab. Mesuji, -Dana belanja makan dan minum Dinas Pendidikan Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung tahun 2022 di anggarkan sebesar Rp.385.323.000,- terealisasi sebesar Rp.385.231000,- atau 99,98%.

Dari hasil Pemeriksaan yang dilakukan BPK tahun 2023 atas pertanggung jawaban, realisasi belanja makan dan minum pada Dinas Pendidikan Kabupaten Mesuji. Rabu, (3/7).

Dengan melakukan pengujian atas kelengkapan dan kebenaran dokumen pertanggung jawaban belanja makan dan minum.

Read More

Dengan cara menelusuri ke lokasi penyedia jasa, melakukan konfirmasi kepada penyedia atau Rumah makan, serta wawancara kepada pegawai Dinas Pendidikan yakni (Bendahara Pengeluaran, PPK, PPTK dan Staf PPTK).

Berdasarkan pemeriksaan dokumen pertanggung jawaban belanja makan dan minum, berupa nota/kuitansi, foto kegiatan serta konfirmasi kepada pihak penyedia/Rumah makan.

Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) dimana nilai belanja makan dan minum Dinas Pendidikan dibuat secara sepihak sebesar Rp.199.485.000,-.

Padahal realisasi belanja makan dan minum yang sebenarnya adalah sebesar Rp. 178.311.200,- diduga sengaja di Mark up untuk mengambil keuntungan.

Atas perbuatan tersebut menimbulkan selisih pembayaran belanja makan dan minum pada Dinas pendidikan sebesar Rp 21.173.800,- yang tidak didukung bukti pertanggung jawaban pembayaran, nilai realisasi belanja makan dan minum pada Dinas Pendidikan Mesuji.

Sumber : LHPBPK tahun 2022
Nomor : 27B/LHP/XVIII.BLP/05/2023

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.