Aksi Bersih Di Sungai Cipendeuy, Bersama TNI Dan POLRI

Aksi Bersih Di Sungai Cipendeuy, Bersama TNI Dan POLRI
iklan dinsos
Teropongpost, Kab. Kuningan- Kodim 0615/KNG bersama anggota Polsek Jalaksana secara serentak melaksanakan aksi bersih di Sungai Cipendeuy atau tepatnya di area Objek Wisata Cibulan, Desa Manis Kidul Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan, Rabu (6/12/2023).

Tampak puluhan prajurit TNI dan Polri berbaur bersama warga setempat. Begitupun para perangkat desa dan Kecamatan Jalaksana turut serta membersihkan aliran sungai Cipandeuy. Dengan menyisir ke parit parit kecil dan halaman objek wisata Cibulan, mereka membersihkan rumput rumput atau pun sampah yang tampak berserakan.

Dandim 0615/KNG Letkol Inf Bambang Kurniawan yang hadir dalam kegiatan Aksi Bersih Di Sungai Cipendeuy tersebut menyatakan, aksi bersih bersih ini dilakukan dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya banjir di wilayah sekitar.

Read More

uc?id=1l VNqeapgDvUMezgA W6BUzrBffuEZHy

“Kegiatan ini sebagai komitmen bersama untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan. Dimana kegiatan pembersihan sungai ini kita melibatkan semua pihak, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman untuk kita semua,” ujar Dandim.

Dandim menyebut, pihaknya tidak hanya membersihkan sungai atau kali tapi juga akan menyasar ke pasar pasar tradisional. “Ini adalah salah satu upaya kita, selain untuk mencegah terjadinya banjir juga mencegah terjangkitnya berbagai macam penyakit seperti diare ataupun DBD,” ungkapnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat terkait kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke sungai. Dengan membuang sampah ke sungai, selain bisa memicu terjadinya banjir juga menimbulkan bencana lainnya seperti bencana kesehatan dan ekonomi.

“Jaga kebersihan jaga kondusifitas agar lingkungan kita terhindar dari bencana, ataupun penyakit. Sehingga kita bisa hidup dengan sehat dan nyaman,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Jalaksana Bagja Gumelar didampingi Sekretaris Camat Sutisna mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, aksi bersih bersih yang di inisiasi oleh Kodim 0615/KNG ini sangat bagus dalam upaya membangun kesadaran masyarakat yang acapkali masih membuang sampah sembarangan terutama di area aliran sungai.

“Kami dari pihak pemerintah mendorong dan mengimbau masyarakat terutama yang bermukim di area aliran sungai, agar tidak menjadikan sungai sebagai tempat sampah,” tuturnya.

Aksi bersih bersih sampah tersebut dengan melibatkan tim gabungan TNI, Polri, masyarakat, serta unsur terkait lainnya semoga menjadi motivasi bagi masyarakat atau semua pihak untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan terlebih ke sungai atau tempat tempat yang dilarang.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari teropongpost.id di Google News.

iklan DLH

Related posts