Pengabdian Masyarakat “ Tingkatkan Daya Saing UMKM Kota Tangerang Selatan di Era 5.0 “ yang di selenggarakan oleh Mahasiswa Doktoral UNPAK Bogor

Pengabdian Masyarakat “ Tingkatkan Daya Saing UMKM Kota Tangerang Selatan di Era 5.0 “ yang di selenggarakan oleh Mahasiswa Doktoral UNPAK Bogor
iklan dinsos
Teropongpost, Tangsel, -Mahasiswa dan Dosen Program Doktoral Ilmu Manajemen SEkolah Pasca Sarjana Universitas Pakuan (UNPAK) Bogor mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dengan tema “Meningkatkan Daya Saing UMKM Kota Tangsel di Era 5.0”, di Aula Naqoy Center, Jl. Raya Kodiklat TNI G No.7, Buaran, Kecamatan Serpong, Tangsel, Jumat (3/11/2023).

Mitra dalam kegiatan PkM ini adalah para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kota Tangerang Selatan.

Kegiatan PkM dipimpin oleh Dr. Agus Setyo Pranowo, S.E., M.M. sebagai Ketua Pelaksana, dan sebagai Ketua Prodi Prof. Hari Gusrida, S.E, Ak, M.M., juga melibatkan mahasiswa program doctoral ilmu manajemen yaitu Windi, S.Pd,. M.M., Nanang Qosim Yusuf,S.Pd, I, MM., Lia Mazia,S.Kom. MMSI,. Ir.Isbat Lantani, M.Psi, MM., Ida Zuniarti, S.E., M.M., dr.Ismet Alimin,MM.,MARS., Henry Andreas Lasut, S.Psi.,M.M., dra.Yuhelmis Sienifa. M.M., MARS, Nono Arief Rachman,SE.MM., Priyo Sambodo.SH., M., Yang masing-masing memberikan paparannya mengenai bagaimana UMKM Kota Tangsel dapat bersaing dalam berbagai aspek di era 5.0 ini.

Read More

Kegiatan PkM juga dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan Serpong yaitu Bunga Pranatalia Putri, S. STP., M.Si, Pejabat Fungsional Pengawasan Koperasi Dinkop UKM Tangsel Nurul Akhiriah S.Pd., Perwakilan Disperindag Tangsel, Ikatan Pengusaha Muslimah (IPEMI PD Tangsel), IWAPI Tangsel, PKK Kota Tangsel, BKMT Kota Tangsel dan UMKM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dengan total peserta dari Anggota UMKM kota Tangsel sebanyak 40 peserta.

uc?id=156ZvrlNlAGmYb4ayR2q2lZEXJmT3kboB

Menurut Dr. Agus Setyo Pranowo, S.E., M.M., dalam UMKM harus banyak melakukan inovasi dan tak kalah penting diperlukan branding digitalisasi untuk meningkatkan branding terhadap produk yang ada sehingga di kenal di masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan langkah awal kerjasama antara UMKM Kota Tangsel dengan Universitas Pakuan Bogor,” katanya.

Berikut merupakan tanggapan dari salah satu peserta kegiatan PKM: “Kami sangat senang atas terjalinnya kerjasama ini. Kami ucapkan terima kasih kepada dosen dan mahasiswa Universitas Pakuan Bogor dan dosen untuk memberikan pelatihan kepada kami. Semoga kerja sama ini dapat berlanjut dengan baik,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, pelatihan ini akan digunakan sebagai strategi branding digital dengan memberikan pemahaman dan pengetahuan dalam memaksimalkan teknologi untuk pengelolaan aset digital.

“Dengan ikut pelatihan ini, kami akan memaksimalkan teknologi untuk strategi branding digital dan juga untuk mengorganisir konten branding yang diperlukan organisasi,” ujar Sekretaris Kecamatan Serpong Bunga Pranatalia Putri, S. STP., M.Si.

“Pemberdayaan UMKM menjadi salah satu prioritas nasional mengingat besarnya potensi dan kehebatannya dalam menghadapi krisis ekonomi, membantu penyerapan tenaga kerja, dan sebagai motor pertumbuhan ekonomi nasional,” ungkap Naqoy.

Mahasiswa Doktoral

Pemerintah berfokus pada program-program yang mendukung UMKM, baik yang telah dilaksanakan sebelum masa pandemi maupun program baru yang bersifat sustainable. Kebangkitan sektor UMKM diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

Nurul Akhiriah berharap bahwa mahasiswa Doktoral UNPAK Bogor ini dapat terus berkerjasama dengan rumah kesadaran untuk membantu para pelaku UMKM di Tangsel ini.

“Saya berharap dengan adanya para dosen dari Doktoral UNPAK Bogor ini dapat terus membantu UMKM di Tangsel dalam hal packaging maupun pemasarannya, seperti halnya yang telah dilakukan oleh Kampus Jerman Center beberapa waktu lalu. Kepada UMKM semua tetap semangat untuk memajukan usahanya masing-masing.” Harapnya.

Mahasiswa Doktoral

Senada dengan itu, mewakili Pemkot Tangsel Bunga Pranatalia selaku Sekcam Serpong pun berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat membantu UMKM yang ada di Kota Tangsel.

“Intinya hanya satu, yaitu kita semua harus fokus terhadap usaha yang dilakukan masing-masing. Sehingga dapat berkembang dan maju lagi.” Katanya.

uc?id=1vOHaZljUYLO 7b97eiBE1n2YOWF6a1w1

Terakhir, Dewi Umronih Yusuf sebagai Ketua IPEMI PD Tangsel juga mengatakan bahwa dirinya sangat mengharapkan acara seperti ini kedepannya dapat dilaksanakan lagi oleh Mahasiswa Doktoral UNPAK Bogor.

“Acara seperti ini bagus buat UMKM untuk menaikkan kualitas pemikiran kami secara SDM dan kualitas produk kami secara value produk. Serta bukan hanya pada moment acara ini saja, namun dapat menghasilkan sebuah hasil kontribusi nyata untuk kami sebagai UMKM.” Pungkas Dewi yang juga merupakan salah satu Founder Rumah Kesadaran ini.

Adapun kegiatan ini memiliki tujuan diantaranya adalah Memberikan pengetahuan terbaru tentang strategi dan inovasi bagi UMKM Kota Tangsel, Memberikan peluang kolaborasi bagi UMKM Kota Tangsel dengan sumber daya yang telah disiapkan kampus Universitas Pakuan (UNPAK), Memberikan pelatihan motivasi UMKM Kota Tangsel untuk memiliki jiwa wirausaha yang kuat, Menambah nilai jual UMKM Kota Tangsel dalam peningkatan kualitas SDM UMKM Kota Tangsel.

iklan DLH

Related posts