Peran Dan Fungsi Matematika Dalam Dunia IT

Peran Dan Fungsi Matematika Dalam Dunia IT
iklan dinsos

Oleh: Nabila Putri Aripin
Mahasiswa Prodi Teknik Informatika UNIVERSITAS PAMULANG

Teropongpost, –Dalam dunia IT (Information and Technology) tidak saja hanya menjelaskan tentang ilmu komputer saja. Ada banyak yang harus dijelaskan dalam ilmu komputer seperti matematika, pada dasarnya matematika sangat berperan penting dalam ilmu komputer. Komputer tanpa matematika tidak bisa di fungsikan, ilmu komputer dan matematika sangat dekat diibaratkan seperti ibu dan anak yang sangat dekat sekali. Karna dalam ilmu komputer matematika punya kontribusi tersendiri.

Matematika terhadap perkembangan Ilmu Komputer sangatlah besar lihat saja istilah-istilah seperti Statistika, Probabilitas, Teori Informasi, Teori Graf, Aljabar Boolean, Matematika Diskret, Algoritma, dan Kalkulus yang ternyata sangat dibutuhkan dalam perkembangan Ilmu Komputer. Ada pun fungsinya sebagai berikut:

Read More

Fungsi matematika dalam dunia IT;

1. Matematika mengajarkan untuk memahami cara kerja algoritma.

Matematika dapat membantu kita untuk memahami dan memulai dasar pemrograman. Algoritma digunakan sebagai spesifikasi untuk melakukan perhitungan dan pemrosesan data.

2. Matematika dapat mengajarkan menganalisis suatu pekerjaan.

Karna matematika dapat melatih logika dan membantu kemampuan berfikir analitis yang kuat pada setiap mahasiswa yang ingin menguasai programmer danal menganalisis sebuah bug dalam kode yang sedang dikerjakan.

3. Matematika memiliki peranan penting dengan mata kuliah lain.

Ketika memilih jurusan IT maka terdapat mata kuliah lain yang memiliki hubungan dengan mata kuliah matematika. Contohnya penggunaan matematika pada mata kuliah artificial intelligence, database, computer network dan mata kuliah lainnya

4. Matematika memiliki relasi dengan mata kuliah lain.

Ketika memilih jurusan IT maka terdapat mata kuliah lain yang memiliki hubungan dengan mata kuliah matematika. Contohnya penggunaan matematika pada mata kuliah artificial intelligence, database, computer network dan mata kuliah lainnya.

5. Matematika sangat dibutuhkan dalam berbagai disiplin ilmu komputer.

Matematika dibutuhkan dalam penelitian, pengembangan dan untuk mengimplementasikan berbagai macam disiplin ilmu komputer. Dalam dunia IT terdapat berbagai departemen yang membahas suatu ilmu secara khusus misalnya terdapat disiplin ilmu yang membahas tentang data seperti database, data analyst, data science, dan sebagainya. Perlu diketahui, bahwa banyak sekali bagian penjurusan yang membahas ilmu tertentu pada disiplin ilmu komputer seperti jaringan, kecerdasan buatan, dan sebagainya.

Maka janganlah meremehkan matematika, kita harus bisa mempelajari dan mamahami karna matematika juga diperlukan dalam dunia ilmu komputer. Hal ini menjadi dasar bagi kita dalam mempelajari algoritma dari suatu bahasa pemrograman. Karena pada bahasa pemrograman terdapat beberapa syntax, simbol, tanda baca,dan kata – kata yang harus dapat kita pahami sama halnya dengan kita mempelajari matematika. Diharapkan matematika dapat menarik minat para mahasiswa untuk memperdalam pengetahuan tentang matematika. Konsep dasar dalam ilmu matematika pun harus dapat ditanamkan dalam benak para mahasiswa.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari teropongpost.id di Google News.

iklan DLH

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.